SOP Dan TroubleShooting Pada Warnet



STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA WARNET
* ALAT DAN BAHAN :
   1. Crimping Tools
   2. Tester
   3. Hub / Switch
   4. 6 buah komputer lengkap
   5. ADLS MODEM ROUTER Telkom Speedy
   6. Kabel UTP / STP
   7. Conector RJ-45 12 buah
   8. LAN Card (jika diperlukan, tapi biasanya sudah on board)
   9. Meja komputer + kursi
  10. Software pendukung

* PROSES INSTALLASI HARDWARE
Pasang komponen komputer sesuai dengan letaknya baik itu NIC ( Network Interface Card / LAN Card), keyboard, mouse,dll dan letakkan di meja komputer yang sudah di siapkan. Pasang Hub di tembok atau di meja server, hal ini untuk mempercepat mengetahui kerusakan pada jaringan, pilih salah satu komputer untuk dijadikan server. Kemudian ukur panjang kabel UTP / STP untuk tiap komputer ke Hub. Setelah itu pasang kabel pada conector dengan tipe urutan kabel straight dengan menggunakan crimping tools dan kemudian lakukan pengecekan dengan tester. Setelah itu pasang conector pada Hub dan masing-masing komputer. Topologi yang digunakan adalah topologi star. Kemudian pasang conector ADSLmodem router ke Hub ( atau ke server dengan menggunakan 2 LAN Card pada server) dan pasang kabel telepon ke ADSL modem router. Setelah itu install software penduklung untuk sebuah warnet yang biasa digunakan. Kemudian masukkan alamat IP untuk masing-masing komputer dan ADSL modem router
ADSL Modem Router è IP Address : 192.168.1.1
Subnet Mask : 255.255.255.0
Server è IP Address : 192.168.10.1
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1
DNS Server Address : ( biasanya diberikan oleh Telkom Speedy pada saat berlangganan )
Komp 1 è IP Address : 192.168.10.2
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1
DNS Server Address : ( biasanya diberikan oleh Telkom Speedy pada saat berlangganan )
Komp 2 è IP Address : 192.168.10.3
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1
DNS Server Address : ( biasanya diberikan oleh Telkom Speedy pada saat berlangganan )
Komp 3 è IP Address : 192.168.10.4
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1
DNS Server Address : ( biasanya diberikan oleh Telkom Speedy pada saat berlangganan )
Komp 4 è IP Address : 192.168.10.6
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1
DNS Server Address : ( biasanya diberikan oleh Telkom Speedy pada saat berlangganan )
Komp 5 è IP Address : 192.168.10.6
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1
DNS Server Address : ( biasanya diberikan oleh Telkom Speedy pada saat berlangganan )
Setelah itu lakukan pengecekan IP dengan cara melakukan ping pada server atau gateway melalui ms-dos prompt atau dengan cara melakukan sharing data

* PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI
1 . IP address konflik
Ada alamat ip yang sama dalam satu jaringan sehingga salah satu komputer yang sama ip addressnya diganti dengan ip addres yang lain.
2 . Tidak bisa melakukan ping ke gateway atau server.
Kemungkinan alamat gateway salah atau jalur jaringan terputus karena sesuatu hal.
SOP Perbaikan : Coba cek gateway addressnya apakah sudah benar, dan juga cek kabel apakah terpasang atau tidak.
3 . Card LAN tidak menyala saat conector ditancapkan
Kemungkinan penyusunan kabel yang salah atau conector tidak ditancapkan dengan benar, bisa juga karena slot card LAN korslet.
SOP Perbaikan : Matikan komputer, coba cek susunan kabel, conector apakah sudah tertancap dengan benar, cek slot card LAN apakah basah atau terbakar.
4 . Tidak bisa melakukan browsing internet akan tetapi dapat melakukan sharing data antar komputer yang lain
Kemungkinan kerusakan terjadi pada jaringan ke ADSL modem router terputus atau hang, kemungkinan juga gangguan pada jaringan Telkom
SOP Perbaikan : Cek kabel conektor ADSL ke Hub, apabila ADSL modem router hang maka ADSL perlu di istirahatkan sebentar.
5 . Conector pada slot card LAN menyala, tetapi tidak bisa melakukan browsing internet dan sharing data
Kemungkinan kesalahan terjadi pada tipe susunan kabel yang seharusnya STRAIGHT yang dipakai melainkan CROSS, karena tipe susunan kabel yang digunakan haruslah tipe susunan STRAIGHT
SOP Perbaikan : Cabut conector pada card LAN kemudian betulkan dengan menggunakan tipe susunan kabel STRAIGHT

0 comments: