File Sharing Windows and Security hardisk

Tutorial ini membahas tentang Security File Sharing. Settingan berikut ini untuk sharing file/folder/ drive hardisk pada local area network (LAN) dan memberikan hak akses pada tiap-tiap user. Sehingga selain administrator atau user yang di berikan hak full akses maka tidak bisa melakukan kegiatan lain selain hak akses mereka. Misal user ‘A’ hanya bisa read dan user ‘B’ hanya bisa create file dll.
OK Langsung aja langkah2 untuk File Sharing :
  1. Masuk Windows Eplorer -> menu Tools -> Folder Options -> View, terus Un-Check file Use Simple File Sharing kemudian tekan OK.
  2. Masuk Control Panel -> Administrative Tools  -> Computer Management -> System Tools -> Local users and groups -> Users -> Klik kanan mouse pada user yand dipilih -> Set Password -> enter Proceed, Isi New Password dan Confirm Password lalu klik OK, maka akan muncul The Password has been Set -> OK
  3. Masuk Control Panel -> Administrative Tools -> pilih Local Security Settings ->  Local Policies -> Security Options, kemudian cari tulisan “Network Access : Sharing And Security Model For Local Accounts” (supaya gampang bacanya atu persatu untuk kolom Policy bisa ditarik kekanan) trus ganti aja pakai Classic (jika user-user tertentu yang diberikan hak akses pada file sharing tersebut) atau Guest (jika user guest di ijinkan untuk mengakses file sharing tersebut)
  4. Klik kanan mouse pada file folder/file yang akan di Share -> pilih Sharing And Security -> Pilih Share This Folder dan User Limit di-set Maximum Allowed, kemudian tekan Permissions.  Pada Group Or User Names tekan Add, maka akan terbuka kotak dialog Select Users Or Groups. Tekan Advanced kemudian tekan Find Now, pilih user/group yang ingin di berikan hak akses dan tekan OK.  Maka akan muncul user/group yang baru aja kita pilih. Setelah itu tekan OK.  Pada Group Or User Names telah muncul nama user/group dan silahkan user/group tersebut di berikan hak akses pada file sharing tersebut, lalu pilih user Everyone kemudian Un-check semua pilihan pada lajur Allow trus tekan OK.
Setelah setting semua itu maka jika ada yang membuka folder/file sharing tersebut akan ditanyakan username beserta password. Jika ingin user guest bisa juga mengakses file/folder sharing tersebut maka caranya juga sama seperti diatas hanya tinggal di pilih user guest dan diberikan hak akses.

0 comments: