Jika
pada saat membuka database gdb di ACCURATE muncul konfirmasi seperti pesan
dibawah ini :
- SERVER NOT READY” Please ensure that your firebird on server LOCALHOST can listen on port 3051.
- Your computer may be behind firewall .
- Firebird not started yet.
Disini ada 2 kemungkinan yang menyebabkan
munculnya konfirmasi tersebut :
- Firebird tidak running
- Jaringan(Network client ke Server)
Firebird tidak running (Firebird not started yet)
Firebird adalah database yang
digunakan ACCURATE harus terinstall dan running statusnya di komputer tempat
file data.gdb disimpan (komputer server). Untuk itu kita bisa cek ke komputer
tempat data GDB disimpan ke Start | Control Panel | Administrative Tools |
Services, cari Firebird pastikan statusnya Started.
Jika tidak ditemukan Firebird di
Services, kemungkinan Firebird belum terinstall, install Firebird terlebih
dahulu menggunakan Installer(file Setup) ACCURATE dengan memastikan option Server tercentang saat penginstallan.
Setelah itu coba buka data kembali.
Jaringan(Network Client ke Server)
Setelah memastikan Firebird Running di komputer Server
tapi saat buka data masih muncul pesan “Server not Ready”, hal yang perlu
diketahui Terjadi di komputer mana? Berikut ini beberapa kemungkinan dan
cara pengecekannya :
- Server bisa buka, tapi semua Client yang mau buka data ke komputer Server dengan cara Remote tidak bisa.
Pastikan saat buka secara Remote
dari komputer Client untuk Server Name kita sudah isi dengan IPAddress
komputer Server yang benar. Cara mengetahui berapa IPAddress komputer
server, di komputer tempat data yang akan dibuka(server) lakukan IPConfig dari Start
| Run, ketikkan cmd lalu
enter, ditampilan CPrompt ketikkan ipconfig lalu enter, akan diinformasikan berapa nomor IPAddress
komputer server tsb, jika ternyata tadi waktu buka data salah IPAddress nya,
silahkan dicoba lagi buka data dengan IPAddress server yang seharusnya.
Untuk pengetikkan alamat data .gdb
saat kita remote dari Client ke Server, cara pengetikkannya seperti kalau kita
di komputer local server, jadi kalau data ada di drive C server maka kita
langsung ketikkan C:\dstnya..gdb. Jadi tidak perlu melakukan mapping drive atau
folder tempat data, karena kita tidak bisa menggunakan hasil mapping tsb.
Jika sudah mengettikan IPAddress dan
alamat yang benar masih muncul konfirmasi yang sama, dari komputer Server kita
ke Start | Control Panel | Windows Firewall, pastikan disana kita pilih OFF,
lalu coba buka data kembali. Jika berhasil buka data dan kita mau Windows
Firewall kondisinya ON, kita bisa buat Exception.
- Server dan beberapa Client bisa buka, tapi hanya Client tertentu saja tidak bisa buka.
Jika hanya client tertentu saja yang
tidak bisa buka data dengan konfirmasi Server not Ready, pastikan waktu buka
data untuk pengetikkan IPAddress Server dan Alamat data sudah sama caranya
seperti komputer client yang lainnya. Untuk mengetahui IPAddress server dan
alamat yang sudah dibuka komputer Client yang lainnya, kita bisa lihat tampilan
komputer Client yang lain yang sudah berhasil buka data, dibagian paling atas
tampilan ACCURATE terdapat informasi Remote nya ke IP berapa dan berikut alamat
file gdb nya.
Selain itu pastikan koneksi jaringan
komputer client yang tidak bisa buka data ini sudah terhubung dengan baik, cara
pengecekkannya kita ping ke komputer Server dari komputer Client tsb ke Start
| Run, ketikkan cmd lalu
enter, ditampilan cPrompt ketikan ping
ipaddress server, contohnya ping
192.168.1.10 lalu enter, pastikan konfirmasinya adalah Reply. Kalau konfirmasi yang keluar Request Time Out silahkan di cek
kembali koneksi jaringan komputer client tsb, misal kable LAN yang colok ke PC
atau ke HUB ada longgar bisa coba di cabut colok kembali. Jika ping sudah Reply
seharusnya waktu buka data dengan IP dan alamat data di server yang benar sudah
bisa buka data.
- Server(komputer tempat data) sendiri buka tidak bisa dan semua komputer Client juga jadi tidak bisa buka data.
Selain pastikan Firebird statusnya
sudah running, lakukan langkah berikut :
- Dissable/matikan antivirus yang running di komputer server atau kalau perlu di uninstall bersih dulu antivirus yang ada di server, lalu coba buka data kembali. Hal ini dilakukan barangkali ada Firewall bawaan dari Antivirus yang memblok Port yang digunakan ACCURATE yaitu port 3051 dan 3052. Jika tahu cara buat exception di antivirus tsb silahkan buka permission untuk port tsb.
- Pastikan IPAddress di komputer server sudah di setting. Bisa di cek dengan cara ping localhost dari cPrompt, dan kalau kita ketikkan ipconfig di cprompt tsb informasi IPAddress nya keluar.
0 comments:
Posting Komentar